Viral Pemudik dari Bali Serbu Banyuwangi Melewati ‘Lorong Disinfektan’

- 24 Maret 2020, 13:53 WIB
Kendaraan yang akan menyeberang ke Bali menunggu antrean masuk ke kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). Data ASDP Ketapang menunjukkan, pada arus mudik masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Bali terhitung dari tanggal 23 Desember pukul 08.00 Wib hingga 24 Desember pukul 08.00 mencapai 42.063 penumpang atau meningkat 26 persen dibandingkan tahun 2018. */ ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.

RINGTIMES – Para penumpang kapal yang memasuki Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi diwajibkan melalui ”lorong” disinfeksi.

”Lorong” adalah hasil modifikasi dari tenda berukuran raksasa yang didirikan untuk mencegah penyebaran virus corona alias covid-19. 

Turun dari kapal usai menyeberang dari Pulau Bali, seluruh penumpang yang memasuki Pulau Jawa melalui Banyuwangi tanpa terkecuali harus berjalan kaki menyusuri ”lorong” dengan panjang 12 meter dan lebar 6 meter itu.

Di dalamnya, mereka menjalani proses disinfeksi dengan cairan khusus yang telah disiapkan. Selain itu, para penumpang wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal gun.

Baca Juga: Kompetisi Terhalang COVID-19, Pemain Barcelona Siap Potong Gaji

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, penyemprotan penumpang kapal dari Bali ke Pulau Jawa ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Dilansir dari Banyuwangikab.go.id.

Hari ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi mengunggah video pelaksanaan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan di ‘lorong’ tersebut melalui akun Twitter @dishub_bwi.

Baca Juga: Akses ke Wuhan Diperlonggar, Aktivitas Mulai Normal Kembali

“Pantauan terkini dari areal screaning thermal gun dan disenfiktan pada ASDP Ketapang. Semua dilakukan baik pengendara R2, R4 pribadi, awak maupun penumpang angkutan barang dan penumpang. Segera periksa dan jujur aktifitas anda selama ini, jaga PHBS dan #StayAtHomeSaveLives,”.

 

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X